Wednesday, December 30, 2015

Fungsi Hemoglobin Bagi Ibu Hamil

Fungsi Hemoglobin Bagi Ibu Hamil-Bagi ibu ketika hamil, status kesehatannya harus selalu terpantau dengan baik karena pemantauan status kesehatan ibu tidak hanya untuk ibu hamil saja tetapi juga berpengaruh terhadap status janin yang dikandungnya. Terdapat beberapa istilah dan masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada ibu hamil, sehingga berdasarkan hal tersebut maka ibu hamil harus mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan ibu ketika hamil agar ibu memahami apa yang perlu dilakukan oleh ibu untuk menjaga kesehatan dan kehamilannya.
fungsi hemoglobin bagi ibu hamil, hemoglobin, fungsi hemoglobin, hubungan hemoglobin dengan kehamilan, hemoglobin pada ibu hamil

Salah satu bagian dari kesehatan yang harus ibu pahami diantaranya adalah pemahaman ibu tentang homoglobin karena ini sangat berhubungan erat dengan masalah kehamilan ibu. 

Hemoglobin adalah suatu zat di dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut zat asam dari paru-paru ke seluruh tubuh, selain itu yang memberikan warna merah sel darah merah. Hemoglobin terdiri dari 4 molekul zat besi (heme), 2 molekul rantai globin alpha dan 2 molekul rantai globin beta. Rantai globin alpha dan beta adalah protein yang produksinya disandi oleh gen globin alpha dan beta. Setiap sifat dan fungsi fisik pada tubuh kita dikontrol oleh gen, yang bekerja sejak masa embrio. Gen terdapat di dalam setiap sel tubuh kita. Setiap gen selalu berpasangan. Satu belah gen berasal dari ibu, dan yang lainnya dari ayah. Diantara banyak gen dalam tubuh kita, terdapat sepasang gen yang mengontrol pembentukan hemoglobin pada setiap sel darah merah. Gen tersebut dinamakan gen globin. Gen-gen tersebut terdapat di dalam kromosom.

Sintesis hemoglobin (Hb) dimulai dari proeritroblas dan kemudian dilanjutkan sedikit dalam stadium retikulosit, karena ketika retikulosit meninggalkan sumsum tulang dan masuk ke aliran darah, maka retikulosit tetap membentuk sedikit hemoglobin selama beberapa hari berikutnya.

Perubahan hematologis sehubungan dengan kehamilan adalah oleh karena perubahan sirkulasi yang makin meningkat terhadap plasenta dari pertumbuhan payudara. Volume plasma meningkat 45 – 65 % dimulai pada trimester ke II kehamilan, dan maksimum terjadi pada bulan kesembilan dan meningkatnya sekitar 1.000 ml, menurun sedikit menjelang aterm serta kembali normal 3 bulan setelah partus. Stimulasi yang meningkatkan volume plasma seperti laktogen plasenta, yang menyebabkan peningkatan sekresi aldesteron.

Volume darah ibu dalam kehamilan bertambah secara fisiologik dengan adanya pencairan darah ibu yang disebut hidremia. Volume darah akan bertambah banyak, kira-kira 25 %, dengan puncak kehamilan 32 minggu, diikuti dengan cardiac output yang meninggi sebanyak kira-kira 30 %. Akibat hemodilasi tersebut, yang mulai jelas timbul pada kehamilan 16 minggu, ibu yang mempunyai penyakit jantung dapat jatuh dalam keadaan dekompensasi kordis. 

Salah satu penyebab penurunan Hb pada ibu hamil juga dapat disebabkan oleh bertambahnya plasma darah yang merupakan proses pengenceran darah.

Salah satu fungsi dari kadar hemoglobin dalam darah adalah menjaga kondisi kesehatan. Kadar hemoglobin yang cenderung normal akan memungkinkan seseorang mempunyai ketahanan dalam berkonsentrasi pada sesuatu hal.

Produksi hemoglobin biasanya ditentukan sebagai jumlah hemoglobin dalam gram (gm) bagi setiap dekaliter 200 mililiter. Produksi hemoglobin normal bergantung dari usia, awal remaja seseorang. Produksi hemoglobin yang rendah merupakan satu keadaan yang dikenali sebagai anemik. Terdapat beberapa sebab berlakunya keadaan anemik. Sebab utama biasanya kehilangan darah (kecederaan, pembedahan, pendarahan kanser kolon), kekurangan vitamin (besi, vitamin B 12 dan asam folat), masalah sumsum tulang (penggantian sumsum tulang oleh darah, pemendaman oleh rawat bedah chemotherapy, kegagalan buah pinggang (ginjal), dan hemoglobin tidak normal (anemia sel sabit).

ARTIKEL TERKAIT
Manfaat Asam Folat dan Zat Besi Untuk Ibu Hamil
Perkembangan Kondisi Janin Dalam  Kandungan Ibu
Pedoman Lengkap : Makanan Bagi Ibu Hamil
KEHAMILAN DAN PENTINGNYA PEMERIKSAAN KEHAMILAN
Tanda Kehamilan 1 Minggu
PENYAKIT YANG PALING BERBAHAYA BAGI WANITA

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com