Friday, January 1, 2016

Cara Mencegah Abses Gigi

Cara Mencegah Abses Gigi-Abses gigi merupakan pengumpulan bahan-bahan yang dijangkiti (nanah) berpunca dari jangkitan bakteria di bahagian tengah (pulpa) gigi. Abses gigi ini pula awalnya penderita mengalami karies gigi.
cara mencegah abses gigi, cara mencegah abses, mencegah abses gigi, abses gigi, gigi abses

Abses gigi atau gigi bernanah sebenarnya adalah komplikasi kepada karies gigi. Ia juga boleh berlaku akibat trauma terhadap gigi (misalnya apabila gigi patah atau hancur). Enamel yang terbuka (berlubang) membenarkan kemasukan bakteria yang akan menjangkiti bahagian tengah (pulpa) gigi. Jangkitan boleh merebak dari akar gigi hingga ke tulang yang menyokong gigi.

Jangkitan menyebabkan berlakunya pengumpulan nanah (terdiri daripada tisu yang mati, bakteria yang telah mati atau masih hidup dan sel darah putih) dan pembengkakan tisu dalam gigi. Ini menyebabkan sakit gigi. Jika struktur akar gigi mati, sakit gigi mungkin hilang, tetapi jangkitan kekal aktif dan terus merebak dan memusnahkan tisu. 

Karies gigi dapat menjadi abses gigi dikarenakan beberapa faktor penyebab, diantaranya ketidakpatuhan penderita dalam meminum obat sakit gigi, kebersihan gigi dan mulut yang kurang, tidak teratur melakukan pemeriksaan gigi ke petugas kesehatan.

Adapun gejala-gejala yang muncul pada penyakit abses gigi adalah sebagai berikut :
1) Sakit gigi. 
2) Sakit gigi yang teruk dan berterusan. 
3) Sakit yang berdenyut-denyut. 
4) Sakit ketika mengunyah. 
5) Gigi terasa sensitif kepada air sejuk atau panas. 
6) Rasa pahit di dalam mulut. 
7) Nafas berbau busuk. 
8) Mungkin demam. 
9) Kelenjar leher bengkak. 
10) Rasa tidak selesa, tidak sihat atau tidak tenang. 
11) Bahagian rahang bengkak (sangat serius).

Untuk mencegah dan menanggulangi kejadian abses gigi maka kita sebaiknya kita melakukan beberapa hal diantaranya yaitu :
Langkah pencegahan yang dapat dilakukan sendiri 
a) Untuk meredakan kesakitan, ambil ubat penahan sakit. 
b) Jangan meletakkan serbuk aspirin di atas gigi. Aspirin akan menghancurkan gusi dan memusnahkan enamel gigi. 
c) Jangan minum minuman yang terlalu panas atau sejuk. 
d) Jangan mengunyah gula. 
e) Hindari makanan yang manis, pedas dan berempah. Diet dalam bentuk cair mungkin perlu untuk 1 atau 2 hari hingga rasa sakit hilang. 
f) Berkumur dengan air garam setiap satu jam. 

Melakukan Perawatan 
Tujuan utama perawatan adalah untuk menyingkirkan jangkitan, mengekalkan gigi dan mencegah komplikasi. Antibiotik boleh diberi untuk melawan jangkitan. Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan rasa sakit.
Perawatan gigi seharusnya dapat dilakukan sebelum penderita mengalami abses gigi, sehingga penderita juga harus mengetahui tentang cara merawat gigi yang bersih dan sehat.

Demikian artikel tentang Cara Mencegah Penyakit Abses Gigi yang dapat blog tanya ahli berikan pada kesempatan posting kali ini. Semoga setelah membaca artikel dari blog tanya ahli kali ini maka pengunjung bisa melaksanakan Cara Mencegah Penyakit Abses Gigi sehingga kondisi gigi para pengunjung dapat sehat dan bersih.

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com