Friday, January 1, 2016

Cara Mencegah Gigi Karies

cara mencegah gigi karies, gigi, gigi karies, cara mencegah karies, karies gigi pada anak, anak dengan karies gigi

Cara Mencegah Gigi Karies-Karies gigi merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi, yaitu email, dentil dan sementum, yanmg disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang dapat diragikan. Tandanya adalah adanya demineralisasi jaringan keras gigi yang kemudian diikuti oleh kerusakan bahan organiknya. Akibatnya, terjadi invasi bakteri dan kematian pulpa serta penyebaran infeksinya ke jaringan peripeks yang dapat menyebabkan nyeri. Beberapa jenis karbohidrat makanan misalnya sukrosa dan glukosa, dapat diragikan oleh bakteri tertentu dan membentuk asam sehingga pH plak akan menurun sampai di bawah 5 dalam tempo 1 – 3 menit. 

Karies dapat diklasifikasikan berdasarkan daerah anatomis tempat karies itu timbul. Dengan demikian lesi bisa dimulai pada pit dan fisur atau pada permukaan halus. Lesi permukaan, harus dimulai pada email atau sementum dan dentin akar yang terbuka (karies akar). Kemungkinan lain karies bisa timbul pada tepian restorasi. Ini disebut karies rekueren atau karies sekunder.

Karies bisa juga digolongkan berdasarkan keparahan atau kecepatan berkembangnya gigi dan permukaan gigi yang terkena bisa berbeda-berbeda bergantung pada keparahan karies yang dihadapi. 

Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya karies gigi. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya karies gigi pada manusia adalah :
Keturunan 
Dari suatu penelitian terhadap 12 pasang orang tua dengan keadaan gigi yang baik, terlihat bahwa anak-anak dari 11 pasang orang tua memiliki keadaan gigi yang cukup baik.
Di samping itu dari 46 pasang orang tua dengan prosentase karies yang tinggi, hanya 1  pasang yang memiliki anak dengan gigi yang baik, 5 pasang dengan prosentasi karies sedang, selebihnya 40 pasang lagi dengan prosentase karies yang tinggi.

Ras
Keadaan tulang rahang sesuatu ras bangsa berhubungan dengan prosentase karies yang semakin meningkat.
Misalnya pada ras tertentu dengan rahang yang sempit, sehingga gigi-gigi pada rahang sering tumbuh tidak teratur, tentu dengan keadaan gigi yang tidak teratur ini akan mempersukar pembersihan gigi, dan ini akan mempertinggi prosentase karies pada ras tertentu.

Jenis Kelamin 
Dari pengamatan yang dilakukan oleh Milhahn-Turkeheim didapat bahwa prosentase gigi pada wanit adalah lebih tinggi dibanding dengan pria. Prosentase karies molar kiri lebih tinggi dibanding dengan molar kanan, karena faktor pengunyahan dan pembersihan dari masing-masing bagian gigi.

Umur 
Sepanjang hidup dikenal 3 fase umur dilihat dari sudut gigi geligi.
a) Periode gigi campuran, disini molar 1 paling sering terkena karies
b) Periode pubertas (remaja) umur antara 14 – 20 tahun. Pada masa pubertas terjadi perubahan hormonal yang dapat menimbulkan pembengkakan gusi, sehingga kebersihan mulut menjadi kurang terjaga. Hal inilah yang menyebabkan prosentase karies lebih tinggi.
c) Umur antara 40 – 50 tahun, pada umur ini sudah terjadi retraksi atau menurunnya gusi dan papil sehingga sisa-sisa makanan sering lebih sukar dibersihkan.

Makanan 
Makanan sangat berpengaruh terhadap gigi dan mulut, pengaruh ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu isi dari makanan yang menghasilkan energi dan fungsi mekanisme dari makanan yang dimakan.

Unsur kimia 
Unsur kimia yang mempunyai pengaruh terhadap karies gigi adalah flour.

Air ludah 
Dalam setiap ml air ludah dijumpai 10 – 200 juta bakteri.

Plak
Plak terbentuk dari campuran antara bahan-bahan air ludah dengan sisa-sisa makanan serta bakteri. Plak ini mula-mula terbentuk agar cair, yang lama kelamaan menjadi kelat, tempat bertumbuhnya bakteri.

Adapun Mencegah terjadinya gigi yang karies merupakan hal yang perlu dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu untuk mencegah terjadinya karies gigi diantaranya adalah dengan :
Hilangkan Substrat Karbohidrat
Tidak perlu menghilangkan secara total karbohidrat dari makanan, yang diperlukan hanyalah mengurangi frekwensi gula dan membatasinya pada saat makan saja, hal ini dianggap cara pencegahan yang paling efektif.

Tingkatkan Ketahanan Gigi
Email dan detin yang terbuka dapat dibuat lebih resisten terhadap karies yang memaparkannya flours secara tepat.

Hilangkan Plak Bakteri
Secara teoritis permukaan gigi yag bebas Plak tidak akan menjadi karies, tetapi menghilangkan total Plak secara teratur bukanlah pekerjaan mudah, untungnya tidak semua kuman dalam Plak mampu meragikan gula sehingga tidaklah mustahil untuk mencegah karies dengan jalan mengurangi kuman yang kariogeniknya saja.

Silahkan baca juga artikel yang terkait tentang masalah kesehatan gigi
Cara merawat gigi yang bersih dan sehat
Cara mencegah abses gigi

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com