Saturday, January 21, 2012

Pentingnya Imunisasi Bagi Balita / Anak


Orang tua khususnya ibu yang mempunyai peran lebih dekat dengan anak dan balitanya sangat penting sehingga ibu harus memiliki pengetahuan yang baik untuk hasil yang baik bagi balitanya. Salah satu bagian yang penting dimiliki oleh ibu adalah pengetahuan yang mendasar tentang imunisasi karena sampai saat ini masih banyak anggapan ibu yang salah dan tidak beralasan mengenai imunisasi. Sebagian ibu masih beranggapan bahwa imunisasi dapat menimbulkan resiko pada balita-balita mereka dan hal ini disebabkan oleh kekurangtahuan ibu tentang imunisasi.
Pentingnya imunisasi bagi balita dan anak, Imunisasi, manfaat imunisasi bagi balita dan anak, keuntungan diimunisasi, jadwal imunisasi,efek samping imunisasi

Pengetahuan yang baik diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap perilaku kesehatan. Dengan pengetahuan tersebut ibu dapat memberikan kontribusi yang baik kepada balitanya dengan memberikan perawatan kesehatan dan kebutuhan masalah kesehatan yang dibutuhkan oleh balita, termasuk kebutuhan untuk diimunisasi.  Setidaknya dengan pengetahuan yang baik dari ibu tentang imunisasi dapat meningkatkan kesadaran pada ibu bahwa imunisasi penting dilakukan kepada balita dan bayi mereka sehingga pada akhirnya akan banyak pula balita dan bayi yang diimunisasi sesuai standar yang telah ditentukan.

Peningkatan pengetahuan ibu dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan cara rutin mengikuti kegiatan posyandu yang diadakan secara rutin di setiap daerah, sehingga pada saat petugas memberikan penyuluhan tentang imunisasi maka ibu dapat mengikuti penyuluhan yang diadakan tersebut.

Selain mengikuti penyuluhan di posyandu, cara lain yang dapat digunakan oleh ibu untuk memperbaiki pengetahuannya adalah dengan cara bertanya kepada petugas kesehatan ketika melakukan kunjungan ke sarana pelayanan kesehatan. 

Baca Artikel Terkait Disini
CARA SEDERHANA DAN JITU MENGUSIR LALAT
Cara menstimulasi tumbuh kembang anak usia balita
Cara Mengetahui Status Gizi Balita Anda

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com