Tuesday, January 17, 2012

MENJAGA MASA KEEMASAN BALITA

Menjaga masa keemasan balita, Masa balita, masa keemasan balita, kebutuhan memenuhi masa keemasan balita, balita

Masa balita merupakan masa keemasan kedua bagi balita anda. Dimasa ini pertumbuhan balita anda tidak bertumbuh sepesat saat masa bayi, tetapi kebutuhan nutrisi mereka tetap harus merupakan prioritas utama bagi anda. Di masa balita ini nutrisi memegang peranan penting dalam perkembangan seorang anak. Masa balita juga disebut masa transisi, terutama di usia 1-2 tahun, dimana seorang anak akan mulai makan makanan padat dan menerima rasa serta tekstur makanan yang baru. Selain itu usia balita adalah usia kritis dimana seorang anak akan bertumbuh dengan pesat baik secara fisik maupun mental.
Di masa balita, seorang anak membutuhkan nutrisi dari berbagai sumber dan makanan. Kebutuhan balita akan makanan dan nutrisi tergantung dari usia, besar tubuh dan tingkat aktivitas balita itu sendiri. Seorang balita biasanya membutuhkan sekitar 1000 – 1400 kalori per hari. Nutrisi yang tepat dan lengkap akan memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembang otak dan juga fisik.
Balita yang kurang terpenuhi kebutuhan nutrisinya dapat mengakibatkan dampak negatif bagi balita itu sendiri seperti kejadian gizi kurang dan gizi buruk. Bagi sebagian besar masyarakat kebutuhan nutrisi pada balita bukanlah suatu hal utama. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia terutama dari kalangan ekonomi bawah, lebih memprioritaskan kebutuhan pangan atau makanan tanpa memperdulikan angka kecupan gizi dari makanan mereka sendiri ataupun anak-anaknya.
Satu permasalahan yang sering terlupakan dan harus anda perhatikan adalah kasus balita dengan kejadian BGM (bawah garis merah). Seorang balita yang pertumbuhannya dicurigai BGM menimbulkan banyak pertanyaan. Hal ini dikarenakan BGM tidak dapat disebut dengan gizi kurang ataupun gizi buruk. BGM lebih identik di antara kedua kondisi tersebut
Selain dipengaruhi oleh konsumsi makanan, status gizi juga dipengaruhi faktor-faktor diantaranya adalah : asupan makanan, infeksi, persediaan pangan rumah tangga, perawatan anak dan pola asuh, serta pelayanan kesehatan yang diterima oleh balita anda.
Bagi anda para orang tua mulailah dari saat ini untuk memenuhi kebutuhan balita anda, bukan hanya mengutamakan jenis makanannya dan melupakan jumlahnya atau sebaliknya memberikan jumlah yang cukup tetapi jenisnya tidak sesuai untuk anak. Pada awal usia 1 tahun, gigi anak sudah mulai tumbuh sampai usia dua setengah tahun sehingga anak dapat mengunyah lebih baik lagi. Berilah makanan yang teksturnya lembut, potongannya kecil, dan mempunyai bentuk yang menarik serta harus bervariasi bahan makanannya.
Balita anda merupakan konsumen pasif, dimana makanan yang dimakan balita anda tergantung pada apa yang disediakan oleh anda sehingga peran anda dalam menentukan menu makanan yang bergizi lengkap dan seimbang sangat besar. Pada usia ini, rasa ingin tahu anak juga sangat tinggi sehingga anda memiliki kesempatan untuk memperkenalkan berbagai jenis makanan yang beraneka ragam dalam rasa, warna dan tekstur sedini mungkin.
Ada beberapa hal yang dapat menghidupkan gairah makan balita anda. Balita anda akan merasa senang jika makan bersama keluarga di meja makan dan sebaiknya anda sebagai orang tua jangan terlalu banyak melarang. Mulailah libatkan balita anda dalam membuat makanan yang mampu dilakukan oleh balita anda, misalnya membuat jus buah.
Nah kini kembali pada anda sendiri sebagai orang tua dalam menentukan kebutuhan nutrisi balita anda untuk menjaga status balita anda sendiri, jika anda menginginkan pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal atau lebih baik maka anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh balita anda.
Semoga pemaparan yang kami berikan saat ini bermanfaat bagi anda dan juga memberikan manfaat yang besar bagi balita anda baik saat ini maupun bagi balita anda di masa yang akan datang.

Artikel Terkait Lainnya

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com