Wednesday, December 30, 2015

Air Bersih

Air Bersih - Air adalah sangat penting bagi kehidupan manusia yakni untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari selayaknya harus memenuhi sayarat baik kualitas maupun kuantitas.

Air mempunyai kualitas yang berbeda-beda, misalnya saja dari segi bersih dan tidaknya. Air yang bersih setidaknya memenuhi beberapa syarat berikut ini : syarat kuantitas dan syarat kualitas. Syarat Kuantitas dari air bersih diantaranya dilihat dari jumlah keperluan air bersih dalam keluarga perkapita tidaklah sama pada setiap negara. Pada umumnya penggunaan air dinegara – negara yang sudah maju akan lebih besar dari negara – negara yang sedang berkembang. Sedangkan syarat kualitas, Air untuk keperluan untuk rumah tangga haruslah memenuhi syarat fisik, kimia dan bakteriologi yaitu tidak berwarna atau jernih, tidak berasa dan tidak berbau dan tidak mengandung zat – zat kimia yang membahayakan kesehatan serta tidak mengandung bibit penyakit terutama yang  sering menular dengan perantaraan air seperti kolera, disentri, hepatitis, typoid dan lain sebagainya.

Sumber air bersih bisa kita dapat dari air hujan, air sungai dan danau, serta dari mata air. Untuk sumber air bersih dari air hujan dilakukan dengan cara ditampung kemudian dapat dijadikan air minum. Akan tetapi air hujan tidak mengandung kalsium, oleh karena itu agar dapat dijadikan air minum yang sehat perlu ditambahkan kalisum kedalamnya. Sedangkan air bersih yang berasal dari sungai dan danau, namun bukan berarti air sungai dan danau yang langsung kita ambil bisa disebut air bersih karena air sungai dan danau sudah terkontaminasi atau tercemar oleh berbagai macam kotoran maka bila akan dijadikan air minum harus diolah terlebih dahulu. Sumber air bersih selanjutnya adalah mata air, air yang keluar dari mata air ioni biasanya berasal dari air tanah yang muncul secara alamiah. Oleh karena itu, air dari mata air ini bila belum tercemar oleh kotoran bisa dapat dijadikan air minum langsung. Akan tetapi karena kita belum yakin apakah belum tercemar maka alngkah baiknya air tersebut direbus dahulu sebelum diminum.
Air bersih, Air Bersih, pengertian air bersih, syarat air bersih, pengolahan air, manfaat air bersih

Agar air yang kita gunakan dapat menjadi air bersih yang bisa diminum maka air tersebut terlebih dahulu harus kita proses atau kelola. Ada beberapa cara pengelolaan air yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan air bersih yang dapat diminum yaitu dengan :
Pengolahan secara alamiah 
Pengolahan ini  dilakukan dalam bentuk penyimpanan (Storage) dari air yang diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti danau, air kali, air sumber, dan sebagainya. Dalam penyimpanan ini air didiamkan beberapa jam ditempatnya. Kemudian akan terjadi kongulasi dari zat – zat yang terdapat dalam air, dan akhirnya terbentuk ndapan. Air akan menjadi jernih karena partikel – partikel yang ada dalam air akan ikut mengendap.

Pengolahan air dengan Menyaring
Penyaringan air secara sederhana dapat dilakukan dengan kerikil, ijuk, dan pasir. 

Pengolahan Air dengan Menambah Zat Kimia
Zat kimia yang digunakan dapat brupa 2 macam, yakni zat kimia yang berfungsi untuk koagulasi, dan akhirnya mempercepat pengendapan, (misalnya tawas). Zat kimia yang kedua adalah befungsi untuk menyucihamakan (membunuh bibit penyakit yang berada dalam air, misalnya chlor) 

Pengolahan Air dengan Mengalirkan Udara
Tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan rasa serta bau yang tidak enak, menghilangkan gas – gas yang tidak diperlukan misalnya CO2 dan juga menaikan derajat keasaman air

Pengolahan Air dengan Memanaskan Sampai Mendidih
Tujuannya untuk membunuh kuman – kuman yang terdapat pada air. Pengolahan semacam ini lebih tepat hanya untuk konsumsi kecil, misalnya untuk kebutuhan rumah tangga.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Memasak Sehat Untuk Balita
Cara Merawat Gigi Yang Sehat dan Bersih
Penyakit Skabies Pada Anak
Sikap Seseorang Terhadap Masalah Kesehatan
Cacar Air
Diare
Eksim
Kadas Atau Kurap
BIANG KERINGAT KADANG MENIMBULKAN KECEMASAN PADA ORANG TUA ???

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com