Monday, January 4, 2016

Cara Menyapih Agar Bayi Tidak Rewel

Cara Menyapih Agar Bayi Tidak Rewel-Penyapihan merupakan dilakukannya pengurangan secara berangsur-angsur pemberian ASI, sedangkan makanan tambahan secara bertingkat ditambah sehingga akhirnya ASI dihentikan dan bayi mendapat makanan dewasa pada umur 2 tahun.  Penyapihan juga bisa disebut dengan suatu perubahan progresif pemberian makanan pada bayi dari yang semula mendapat ASI sebagai satu-satunya sumber makanan menuju kepada suatau jenis makanan sehari-hari keluarga.
cara menyapih agar bayi tidak rewel, cara menyapih, bayi tidak rewel saat disapih, menyapih dengan cara bertahap,

Menyapih ASI oleh ibu kepada bayinya dilakukan karena berbagai sebab sehingga sebab-sebab tersebut pada akhirnya ibu menentukan pilihan untuk melakukan penyapihan dini. Namun untuk melakukan penyapihan ASI lebih awal maka sebaiknya ibu menimbang-timbang terlebih dahulu mengapa ibu harus menyapih bayinya sehingga alasan-alasan yang menjadi pertimbangan ibu dalam menyapih bayi tersebut masuk di akal dan memang harus dilakukan.

Ketika ibu menyapih bayinya maka akan terjadi proses perpindahan yang progresif dari bayi yang semula mendapat ASI yang mendapat makanan seperti anggota keluarga lainnya (makanan dewasa). Penyapihan juga bisa disebut dengan proses pematangan. Anak yang puas dalam kehidupannya, saat disapih akan siap menghadapi tahap kehidupan selanjutnya.

Proses penyapihan pada bayi dipersiapkan secara berangsur-angsur sehingga pada waktunya, anak sudah siap dan sudah terbiasa dengan makanan tambahan selain ASI. Usaha penyapihan itu dimulai pada saat anak mencapai usia sembilan bulan, anak sudah dikenalkan dengan makanan sapihan. 

Pada bayi yang menerima ASI selama masa persiapan penyapihan, frekuensi menyusu dikurangi secara berangsur-angsur sampai pada akhirnya anak disusui hanya pada waktu bangun pagi dan menjelang tidur malam hari. Hendaknya para ibu berusaha melakukan penyapihan dengan penuh sabar. Penyapihan yang dipaksakan akan menyebabkan terhentinya secara paksa kontak fisik antara anak dan ibu. 

Pada usia 2 tahun bayi mulai disapih. Agar tidak menyakiti bayi, seminggu sebelum disapih sebaiknya bayi menyusui satu kali saja, misalnya hanya waktu malam hari menetek, sedang paginya hanya diberi susu sapi satu gelas. Untuk mengetahui bayi cukup makan atau tidak, sebaiknya bayi ditimbang dalam waktu tertentu. Bila kenaikan berat badan bayi sesuai dengan bertambahnya umur, berarti makanan bayi sudah cukup. Setelah itu bayi disapih makananya yang terdiri dari makanan balita. Namun sebelum ibu melakukan penyapihan ASI maka ada baiknya ibu memahami terlebih dahulu mengenai Keuntungan dan Kerugian Menyapih ASI.

Pada setiap bayi sehat dalam seminggu pertama selalu terdapat susut berat badan bayi, tetapi susutnya tidak boleh melebihi 10% dari berat waktu lahir. Akhir minggu kedua biasanya berta badan bayi telah sama dengan berat badan waktu lahir. 

Hubungan kasih sayang antara ibu dan bayinya mulai sejak dalam kandungan yang kemudian berlanjut setelah bayi lahir melalui penyusuan. Salah satu manfaat menyusui adalah menciptakan bonding (ikatan batin) antara ibu dan anak. Banyak ibu-ibu yang salah pemahaman yaitu bahwa berhenti menyusu berarti memutuskan hubungan tali kasih sayang antara bayi dan ibu, karena kontak fisik antar ibu dan anak semakin melemah. 

Bayi akan beralih dari makanan berupa ASI yang hampir-hampir bebas dari setiap kemungkinan kontaminasi ke makanan biasa, perlindungan tubuh terhadap infeksi yang didapat dari sifat anti infeksi dari ASI akan hilang. Makanan yang disiapkan sebagai makanan sapihan adalah makanan yang sangat terbuka akan berbagai kemungkinan kontaminasi, baik waktu membuatnya, maupun waktu menyimpannya ini berarti penyapihan akan diikuti oleh meningkatnya kemungkinan terjadi infeksi terutama infeksi saluran pencernaan. 

Membuat makan menjadi sarana merupakan salah satu cara memutuskan rangkaian masalah makan pada anak. Selain membuat lingkungan yang menyenangkan. Sambil menyuapi, ibu bisa bercerita tentang bahan atau lauk pauk yang sedang dimakan anak. Bayam dan pepaya, atau wortel yang bisa menjernihkan mata. 

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com