Friday, December 11, 2015

BERMANFAATKAH DAUN DARI POHON RANDU UNTUK KESEHATAN?

Pohon randu adalah pohon tropis yang berasal dari daratan utara Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Juga Karibia. Tanaman ini banyak sekali ditemukan dan dibudidayakan di daerah Asia termasuk di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Tanaman ini juga disebut dengan nama kapok jika dalam bahasa Jawa sedangkan dalam bahasa sunda disebut Kapuk, dan banyak sebutan lagi di berbagai daerah.
Bermanfaatkah daun dari pohon randu untuk kesehatan, Bermanfaatkah daun dari pohon randu untuk kesehatan, Pengobatan tradisional, pohon randu, manfaat pohon randu, manfaat pohon randu untuk kesehatan, daun randu, cara membuat obat dari daun randu

Umumnya pohon ini dibudidayakan untuk diambil buahnya saja dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan bantal dan kasur, serta yang lainnya. Namun tahukan anda bahwa pohon randu ini bermanfaat untuk kesehatan?

Bermanfaatkah Daun Dari Pohon Randu Untuk Kesehatan?
Selian untuk pembuatan bantal maupun kapuk, daun randu ini bermanfaat bagi kesehatan. Rupanya daun randu juga banyak manfaat dan khasiat istimewa untuk mengobati serta menyembuhkan beragam penyakit, diantaranya batuk, mencret (diare), tonik rambut, penghilang bekas luka, sebagai antiseptik mulut (obat kumur), dan obat sakit mata. Mungkin ini dapat dilakukan oleh anda ketika anda mengalami penyakit seperti ini.

Manfaat Daun Dari Pohon Randu Untuk Kesehatan
Untuk Obat Batuk
Pakailah kurang lebih 8 gram daun randu lalu dicuci. Kemudian tumbuk sampai lumat, diseduh dengan setengah gelas air matang yang panas, jika sudah dingin disaring. Hasil saringan ini diminum sehari 2 kali sama dengan banyaknya pagi dan juga sore.

Untuk Obat Kumur
Pakailah 2 hingga 10 gram daun randu yang segar, lalu bilas sampai bersih. Siapkan 1 gelas air matang yang dituang ke dalam baskom, remas-remas daun randu sampai lumat ke dalam air tadi hingga airnya berubah menjadi sedikit lendir. Saringlah air remasan ini dan pakai sebagai obat kumur.

Obat Penghilang Bekas Luka
Cucilah daun randu secukupnya, lalu bersihkan dahulu bagian bekas lukanya dengan menggunakan air hangat, lalu gosokan daun randu secara berulang pada bekas luka. Kemudian, basuh dengan sabun serta air bersih, lakukan ini setiap mandi hingga bekas luka memudar atau hilang.

Obat Sakit Mata
Beberapa helai daun randu yang sudah dicuci sampai bersih. Taruh daun randu ke dalam baskom, tuang air bersih secukupnya. Remas dan lumatkan daun randu tadi hingga air berubah jadi berlendir. Air remasan lalu disaring dan dipakai untuk membasuh mata, caranya yakni dengan mencelupkan mata dalam air. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan serta mengeluarkan kotoran dari dalam mata.

Obat Penyubur Rambut (Tonik)
Pakailah 15 helai daun randu kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Juka sudah dingin pakai air rebusan tadi sebelum anda keramas dengan shampo. Caranya : Basahilah rambut dengan air rebusan ini, pijat-pijat kulit kepala lalu diamkan selama setengah jam, bilas dengan memakai shampho seperti biasa. Untuk hasil maksimal pakai cara ini 2 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa manfaat daun dari pohon randu untuk kesehatan yang didapat penulis berdasarkan hasil pencarian penulis dari beberapa sumber literatur dan juga pengalaman beberapa orang tua yang dulu pernah menggunakan pohon randu sebagai obat kesehatan.

Artikel Terkait Lainnya
Seperti Apa Rokok dan Apa Bahaya Rokok
Sariawan

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com