Wednesday, December 2, 2015

PERSALINAN NORMAL SEBAGAI PERSALINAN DAMBAAN IBU SERTA KELUARGA

Persalinan merupakan masa yang menegangkan bagi ibu maupun keluarga ibu hamil karena pada masa ini juga dapat berpengaruh terhadap kehidupan ibu. Namun tidak perlu takut maupun was-was menghadapi persalinan. selalu berharap dan berdoa agar persalinan normal adalah hal yang baik dilakukan oleh ibu dan keluarga daripada berpikir yang tidak-tidak dengan persalinannya nanti.
Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian normal, kelahiran seorang bayi juga merupakan peristiwa sosial yang ibu dan keluarga yang dinantikan selama 9 bulan, ketika persalinan dimulai, peranan ibu adalah untuk melahirkan bayinya. Peran petugas kesehatan adalah memantau persalinan untuk mendeteksi dini adanya komplikasi, di samping itu bersama keluarga memberikan bantuan dan dukungan pada ibu bersalin.
Persalinan normal sebagai persalinan dambaan ibu serta keluarga, persalinan, persalinan normal, ibu bersalin, persalinan yang didambakan, persalinan selamat dan sehat, ibu partum, kala persalinan

Menurut dunia kesehatan, persalinan adalah proses membuka dan menutupnya serviks, dan janin turun ke dalam jalan lahir, kelahiran adalah proses di mana janin dan ketuban didorong melalui jalan lahir, persalinan di bagi menjadi 4 kala, yaitu :
a.       Kala I       :   Dimulai dari saat persalinan mulai sampai pembukaan lengkap (10 cm), proses ini terbagi dalam dua fase, fase laten (8 jam) serviks membuka sampai 4 cm dan fase aktif (7 jam) serviks membuka dari 4 sampai 10 cm, kontraksi lebih kuat dan sering selama fase aktif.
b.       Kala II     :   Dimulai dari pembukaan lengkap (10 cm) sampai bayi lahir, proses ini biasanya berlangsung 2 jam pada primi dan 1 jam pada multi.
c.       Kala III    :   Dimulai segera setelah lahir sampai lahirnya plasenta, yang berlangsung tidak lebih dari 10 menit.
d.      Kala IV    :   Dimulai dari saat lahirnya plasenta dari 2 jam pertama postpartum.

Itulah sekilas persalinan normal yang dapat penulis postingkan kali ini semoga bagi para ibu yang menanti persalinanya dapat bersalin secara normal dan melahirkan bayi sesuai dengan harapan ibu maupun keluarga sehingga persalinan menjadikan hal yang gembira bagi ibu maupun keluarga. Selalu membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan masalah kesehatan ibu dan anak merupakan hal yang baik bagi ibu dan keluarga karena dengan membaca maka pengetahuan ibu menjadi lebih baik dan dapat mencegah sedini mungkin masalah-masalah yang mungkin dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu.

Artikel Terkait Lainnya
Pengertian Ibu Post Partum 

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com