Thursday, December 3, 2015

APA SIH BEDANYA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA ATAU ANAK? SEKILAS TENTANG PERKEMBANGAN

APA SIH BEDANYA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA ATAU ANAK? SEKILAS TENTANG PERKEMBANGAN
Apa sih bedanya pertumbuhan dan perkembangan balita atau anak, Pertumbungan anak, perkembangan anak, tinggi badan, berat badan, kemampuan anak, ketangkasan anak, cara mengukur pertumbuhan anak, cara mengukur perkembangan anak, stimulasi pertumbuhan anak, stimulasi perkembangan anak

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang pertumbuhan balita atau anak maka ada baiknya saya kali ini berbagi ilmu dan wawasan tentang perkembangan balita atau anak. Biar ga banyak yang perlu dibaca dan bikin kita ga malas baca, ada baiknya kita langsung saja pada bahasan tentang perkembangan.
Perkembangan atau sering disebut developmen adalah bertambahnya kemampuan (skill) dan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya (diambil dari teori yang diungkapkan oleh Qodriah, 2008).
Pengkajian tumbuh kembang anak dapat dilakukan melalui test sknning perkembangan menurut Denver (Denver Debelopmental creening test/DDST). DDST adalah salah satu dari metode skrening terhadap kelainan perkembangan anak, tes ini bukanlah tes diagnostik atau tes IQ. DDST memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk metode skreening yang baik. Tes ini mudah dan cepat (15-20 menit), dapat diandalkan dan menunjukkan validitas yang tinggi. Dan beberapa penelitian yang pernah dilakukan ternyata DDST secara efektif mengidentifikasi antara 85-100% bayi dan anak-anak persekolah yang mengalami keterlambatan perkembangan ( diambil dari teori yang dikemukakan oleh Soetjmingsih, 2001).
Pertumbuhan fisik, kedewasaan, pencapaian kemampuan dan reorganisasi psikologis terjadi dengan cepat selama tahun pertama. perubahan-perubahan ini tidak hanya berjalan lancar tetapi lebih mendesak dan tidak terus menerus yang secara kualitatif mengubah tingkah laku anak.
Sebagai gambaran tentang perkembangan maka saya akan coba berikan satu tonggak perkembangan pada bayi terutama pada bulan-bulan pertama dan mungkin untuk tonggak-tonggak perkembangan selanjutnya akan saya uraikan pada postingan lainnya.
Tonggak-tonggak perkembangan pada bayi di bulan-bulan pertama terdiri dari :
1.      Motorik Kasar dan Halus
Pada masa ini bayi akan menggerakan tangan terpatah-patah, menggerakan kedua sisi badan, mengikuti benda dengan mata (mata mengikuti arah benda), menggerakan kepala dari satu sisi ke sisi lain sat ditengkurapkan, kepala terjatuh ke belakang jika tidak dipegang, memiliki gerakan refleks yang kuat (menghisap, menggenggam, atau terkejut), menarik tangan untuk dilihat dan dimasukan ke mulut, dan dapat menggenggam bentuk tinju dengan kuat
2.      Bahasa
Untuk bahasa pada masa ini hanya baru mampu mengeluarkan suara saja
3.      Sosial dan Pribadi
Pada masa ini bayi lebih suka memandangi wajah manusia daripada objek lain
4.      Karakteristik atau Perilaku Lain
Sedangkan karakteristik atau perilaku lainnya diantaranya adalah : Memfokuskan pada benda yang berjarak 8 sampai 12 inci, Mata kadang-kadang tidak fokus atau terlihat seperti juling, Terkejut oleh suara keras, dan Lebih menyukai warna hitam-putih atau pola-pola yang sangat kontras

Demikian yang bisa saya uraikan saat ini, jika anda belum membaca posting kami tentang pertumbuhan maka sebaiknya baca posting tersebut agar anda dapat memahami perbedaan antara kata pertumbuhan dan perkembangan.
Posting tentang pertumbuhan dapat dibaca dengan judul posting : APA SIH BEDANYA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA ATAU ANAK? SEKILAS TENTANG PERTUMBUHAN 

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com