Saturday, December 12, 2015

Pentingnya Kedekatan Orang Tua Dengan Anak

Kedekatan serta kasih sayang orang tua terutama ibu terhadap anak merupakan salah satu hal yang penting dan mutlak dilakukan. Kedekatan serta kasih sayang dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik, kebersamaan secara emosional dan fisik anak dengan orang tuanya yaitu ibu. Kondisi seperti ini umumnya penting dilakukan oleh ibu pada 2 tahun pertama kelahiran anaknya. Ikatan batin mulai terbentuk pada saat terpenuhinya kebutuhan seorang anak khususnya pada tahun pertama perkembangan anak.

Kebutuhan anak pada tahun-tahun pertama yang harus dipenuhi orang tua diantaranya adalah sentuhan, tatapan mata, gerakan, senyum dan terakhir tentunya adalah asupan makanan.

Idealnya, seorang ibu harus mengenali kebutuhan-kebutuhan anak pada tahun-tahun pertama kelahiran mereka melalui cara mereka menanggulangi tangisan anak pada saat usia seperti ini. Kebutuhan sentuhan dan kedekatan seorang anak terpenuhi pada saat ibu menyusui anaknya. Pada saat itu terjadi kontak mata dengan cara ibu menatap anaknya dengan kasih sayang dan memeluk anaknya dengan erat. Melalui kedekatan dan interaksi tersebut terbentuklah hubungan batin antara ibu sebagai pengasuh dengan anaknya. Pada saat ini juga anak mulai belajar mempercayai bahwa dunia luar itu aman, bahwa mereka bisa percaya terhadap orang lain yang akan membantu mereka. Melalui rasa aman tersebut maka anak akan berani menelusuri dunia luar dan kemampuan ini merupakan pelajaran yang penting bagi perkembangan anak.

Kekuatan ikatan batin antara ibu serta anak akan tampak jelas. Anak yang mendapatkan kasih sayang dari ibunya maka biasanya akan lebih toleran, tidak agresif dan lebih mudah menerima orang lain. Anak dengan kekuatan batin seperti ini pada kemudian harinya akan tampil lebih cakap dan lebih simpati pada mereka yang berhubungan dengan sesamanya. Kelak pada saat bermain anak akan lebih banyak waktu untuk eksplorasi. Mereka lebih bersemangat, antusias, lebih dapat menerima dan meminta pertolongan ibu. Anak juga akan lebih mempunyai rasa ingin tahu, dapat mengarahkan diri, dan biasanya lebih berhasil diukur melalui test perkembangan dan bahasa.

Kasih sayang merupakan hal penting juga untuk terciptanya pemenuhan tingkat kecerdasan anak. Selain kasih sayang, anak juga memerlukan beberapa aspek dalam tingkat kecerdasannya. Aspek tersebut diantaranya adalah : Kemampuan berfikir logis, pembentukan kata hati, kemampuan untuk mengatasi stress dan frustasinya, bisa mengendalikan dirinya sendiri, serta terbentuknya hubungan relasional.
Pentingnya kedekatan orang tua dengan anak, Kedekatan, orang tua, anak, hubungan anak dan orang tua, manfaat kedekatan orang tua, kasih sayang orang tua

Pemenuhan hal-hal di atas hanya dapat dilakukan apabila ada kedekatan antara orang tua dengan anaknya serta kasih sayang yang selalu menyertai perkembangan anak. Sehingga manakala seorang anak tidak merasakan kedekatan serta kasih sayang orang tua terlebih ibunya maka kemungkinan besar ia akan memiliki masalah, baik itu dalam hal sikap atau perilaku, emosi, hubungan sosial, cara berfikir dan proses mental, respon fisik maupun batiniah dan perkembangan moralnya.

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com