Friday, December 11, 2015

Tips Menjauhkan Anak Dari Narkoba

Penggunaan Narkoba saat ini sangat memprihatinkan sehingga dengan kenyataan seperti ini banyak orang khawatir termasuk juga orang tua. Orang tua dimanapun sangat takut dan was-was jika anak mereka menjadi pecandu narkoba. Bahkan mungkin banyak orang tua merasa takut jika anaknya hanya mencoba-coba narkoba saja.

Pengunaan Narkoba pada saat ini dilakukan dari berbagai tahapan usia, mulai dari anak, remaja, maupun orang yang sudah dewasa. Untuk mencegah kebiasaan menggunakan narkoba maka sebaiknya pencegahan dilakukan bukan pada saat telah menggunakan narkoba namun sebaiknya dilakukan sebelum menggunakan narkoba.
Tips menjauhkan anak dari narkoba, Trik menjauh dari narkoba, narkotika, nafza, shabu, ganja, kokain, pil, sakau, kecanduan narkona, jenis narkoba, akibat narkoba

Tips Menjauhkan Anak Dari Narkoba
Kembali pada topik sebelumnya mengenai tips menjauhkan anak dari narkoba maka ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan oleh orang tua sebagai upaya menjauhkan anak dari narkoba mengingat narkoba adalah salah satu masalah yang dapat menghancurkan masa depan anak dan pada akhirnya juga dapat menghancurkan kehidupan berbangsa dan negara.

Orang tua sebagai orang terdekat dengan anak harus melakukan berbagai tips dan trik untuk mencegah narkoba, beberapa trik dan tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
Bangun Ikatan Emosional Antara Orang Tua dan Anak
Membangun hubungan emosional antara orang tua dengan anak sejak dini merupakan salah satu cara untuk membendung masalah yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba pada anak

Berbicara Tentang Narkoba Sedini Mungkin
Orang tua seharusnya berbicara dengan anak sejak dini sebelum anak-anak mereka mempunyai kesempatan menggunakan narkoba

Memberikan Contoh Nyata Akibat Narkoba
Beberapa artikel yang penulis baca dari berbagai sumber terlihat bahwa para ahli menyarankan agar orang tua jangan takut ataupun malu untuk memberikan contoh nyata terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Orang tua dapat berbicara tentang kehidupan seorang anak misalnya tetangga atau orang terdekat lainnya yang sedang mengalami masalah akibat dari penyalahgunaan narkoba.

Tetapkan Batasan 
Mulailah berkata pada anak tentang sanksi yang dapat diberikan orang tua kepada anaknya jika anaknya menggunakan narkoba.

Hadapi Masalah Dengan Cepat
Jika anak tertangkap basah menggunakan narkoba atau masih dalam status dicurigai maka orang tua sebaiknya segera bertindak karena tindakan cepat seperti ini akan menjadi solusi yang paling penting untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba.

Berfikir Positif
Melakukan pencegahan narkoba tidak mesti dengan pemberian peringatan dan hukuman pada anak. Memberikan motivasi pada anak adalah hal yang penting dilakukan oleh orang tua selain tindakan tersebut. Pemberian motivasi dari orang tua kepada anak bisa dijadikan alat proteksi untuk anak agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.


0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com