Tuesday, January 17, 2012

3 KEBUTUHAN ANAK YANG HARUS DIPENUHI ORANG TUA

3 Kebutuhan anak yang harus dipenuhi orang tua, 3 kebutuhan anak, kebutuhan yang harus dipenuhi, jenis kebutuhan anak, akibat kebutuhan anak tidak dipenuhi, sebab kebutuhan tidak terpenuhi


Tahukah anda tentang apa yang dibutuhkan oleh anak anda dan harus dipenuhi oleh anda sebagai orang tua ? Terkadang orang tua tidak memperhatikan akan beberapa hal yang dibutuhkan anak untuk menjajaki masa pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua seharusnya dapat memenuhi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh orang tua.
Dalam membersarkan anak maka anak harus dirawat dan dibesarkan, orang tua hendaknya dapat memenuhi kebutuhan dasar anak yaitu kebutuhan untuk tumbuh kembang anak seperti asuh, asih, asah.
Kebutuhan asuh merupakan kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisik yang harus dipenuhi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Kebutuhan ini dapat meliputi kebutuhan akan gizi atau nutrisi, kebutuhan pemberian tindakan keperawatan dalam meningkatkan dan mencegah terhadap penyakit, kebutuhan perawatan dan pengobatan apabila sakit kebutuhan akan tempat atau perlindungan yang layak, kebutuhan hygine perseorangan dan sanitasi lingkungan yang sehat, kebutuhan akan pakaian, kebutuhan kesehatan jasmani dan rekreasi. Semua itu merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi pada anak dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak.
Kebutuhan asih. Kebutuhan ini berdasarkan adanya pemberian kasih sayang pada anak atau memperbaiki fisiologis anak. Perkembangan anak dalam kehidupan banyak ditentukan perkembangan fisiologis yang termasuk di dalamnya adanya perasaan kasih sayang atau hubungan anak dengan orang tua atau orang di sekelilingnya, karena akan memperbaiki perkembangan fisiologisnya. Terpenuhinya kebutuhan ini akan meningkatkan ikatan kasih sayang yang erat ( Bonding) dan terciptanya rasa percaya yang kuat (basic trust).
Dan ketikga kebutuhan asah. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi anak, untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan sesuai dengan usia tumbuh kembang. Pemenuhan kebutuhan asah (stimulasi mental) akan memperbaiki perkembangan anak sejak dini sehingga perkembangan psikososial, kecerdasan, kemandirian dan kreatifitas pada anak akan sesuai dengan harapan atau usia pertumbuhan dan perkembangan.
Jika orang tua dapat memenuhi 3 kebutuhan anak ini, maka hal-hal menyimpang yang dilakukan oleh anak sedini mungkin dapat dicegah dan anak pun tidak akan melakukan pemberontakan atau pembangkangan pada orang tua sehingga kehidupan antara anak dan orang tua akan terjalin secara dinamis dan harmonis.
Penting kiranya juga para orang tua untuk memahami apa yang harus dipenuhi oleh anak sehingga orang tua diharapkan secara berkelanjutan menambah dan mencari informasi untuk menambah wawasannya mengenai memenuhi kebutuhan anak sehingga makin banyak informasi yang didapat oleh orang tua maka akan semakin baik pula perlakuan dan perhatian orang tua terhadap anaknya.

Artikel Terkait lainnya

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com