Wednesday, December 2, 2015

KEHAMILAN DAN PENTINGNYA PEMERIKSAAN KEHAMILAN

Masih banyak ibu yang kurang memahami hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan. Pemahaman ibu ataupun wanita dan masyarakat sekalipun tentang kehamilan adalah hal yang menurut saya sangat penting dimiliki.
Masa kehamilan merupakan masa yang dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir.
Kehamilan itu sendiri dibagi menjadi 3 trimester yaitu : Trimester pertama dimulai dari konsepsi sampai umur kehamilan 3 bulan, Trimester kedua dimulai dari umur kehamilan 4 bulan sampai 6 bulan, dan Trimester ketiga dimulai dari umur kehamilan 7 bulan sampai 9 bulan.
Pada masa kehamilan akan terjadi beberapa perubahan fisik maupun emosional dari ibu serta perubahan sosial di dalam keluarga, jarang seorang ahli medik terlatih yang begitu terlibat dalam kondisi yang biasanya sehat dan normal, mereka menghadapi satu tugas yang tidak biasa dalam memberikan dukungan, pada ibu dan keluarganya dalam rencana menyambut anggota keluarga baru, memantau perubahan-perubahan fisik yang normal yang dialami ibu serta tumbuh kembang janin, juga mendeteksi serta melaksanakan setiap kondisi yang tidak normal.
Kehamilan dan pentingnya pemeriksaan kehamilan, Kehamilan, ibu hamil, pemeriksaan kehamilan, antenatal care, deteksi dini bahaya kehamilan, usia kehamilan, janin, tujuan pemeriksaan kehamilan, manfaat pemeriksaan kehamilan

Pada umumnya kehamilan berkembang dengan normal dan menghasilkan kelahiran bayi sehat cukup bulan melalui jalan lahir, namun kadang-kadang tidak sesuai dengan diharapkan. Sistem penilaian resiko tidak dapat memprediksi apakah ibu hamil akan bermasalah selama kehamilannya.
Memandang hal tersebut maka ibu hamil sebaiknya dianjurkan mengunjungi bidan/dokter sedini mungkin semenjak ia merasa dirinya hamil untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ibu hamil atau lazim disebut antenatal care dalam dunia kesehatan.
Terdapat beberapa tujuan dilakukannya pemeriksaan kehamilan oleh ibu hamil, diantaranya adalah :
a.       Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi.
b.      Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental dan sosial ibu dan bayi.
c.       Mengenali secara dini adanya ketidaknormalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil. Termasuk riwayat penyakit secara umum kebidanan dan pembedahan.
d.      Mempersiapkan persalinan cukup bulan, melahirkan dengan selamat, ibu maupun bayi dengan trauma seminimalnya mungkin.
e.       Mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI eksklusif.
f.       Mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima keluarga agar bayi dapat tumbuh kembang secara normal.

Pemeriksaan kehamilan sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil ketika hamil dan dilakukan beberapa kali. Pemeriksaan kehamilan sebaiknya dilakukan paling sedikit 4 kali selama kehamilan, yang terdiri dari satu kali pada triwulan pertama, satu kali pada triwulan kedua, dan dua kali pada triwulan ketiga
Demikian artikel mengenai kehamilan dan perlunya pemeriksaan kehamilan oleh ibu hamil yang dapat diberikan oleh saya pada kesempatan posting artikel kali ini. semoga artikel mengenai kehamilan dan perlunya pemeriksaan kehamilan ini dapat bermanfaat bagi ibu, baiknya yang sedang hamil maupun yang ingin segera hamil

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com