Thursday, December 3, 2015

APA SIH BEDANYA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA ATAU ANAK? SEKILAS TENTANG PERTUMBUHAN

APA SIH BEDANYA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA ATAU ANAK? SEKILAS TENTANG PERTUMBUHAN
Banyak orang bertanya dan ragu dan kadang berpendapat, ada yang bertanya dan ragu apakah pertumbuhan dan perkembangan anak itu berarti sama, dan ada pula yang berpendapat bahwa pertumbuhan dan perkembangan adalah sama.
Disini saya akan coba membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang sebenarnya istilah tumbuh kembang sebenarnya mencakup 2 peristiwa yaitu sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Artikel ini saya buat berdasarkan perbandingan dan studi kepustakaan yang diambil dari berbagai teori baik dari buku maupun website karena peran website sekarang ini bisa digunakan sebagai sarana informasi dan menambah wawasan kita.
Sebaiknya saya tidak perlu berkata panjang lebar lagi karena yang mungkin ingin anda baca dan pahami adalah tentang pertumbuhan dan perkembangan. Oke kalo seperti itu kita langsung saja bahas satu persatu dan pada kesempatan ini saya akan ulas mengenai pertumbuhan saja biar artikelnya ga terlalu panjang dan ga males buat dibaca.

 
Pertumbuhan atau disebut pula growth berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen tubuh).
Apa sih bedanya pertumbuhan dan perkembangan balita atau anak, Apa sih bedanya pertumbuhan dan perkembangan balita atau anak, perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, pertumbuhan anak, perkembangan anak, cara mengukur pertumbuhan anak,cara mengukur perkembangan anak, berat badan, tinggi badan, kemampuan anak, ketangkasan anak

Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan balita atau anak meliputi :

a.             Berat badan
Berat badan lahir rata-rata 3,5 kg (2,7-4,1 kg) bayi yang dilahirkan cukup bulan akan kehilangan berat badannya selama 3-4 hari pertama dan akan kembali sama dengan berat badan lahir pada hari ke 8-9. berat badan meningkat 2x berat badan lahir umur 5 bulan, 3 x berat badan lahir pada umur 1 tahunm, 4 x berat badan lahir pada umur 2 ½ tahun pernambahan berat   badan :
6 bln ke 1           : 0,5-1,0 kg/bl
6 bln ke 2           : 0,3-0,5 kg/bl
1-2 th     : 0,2 kg/bln.
b.            Tinggi badan
Rata-rata tinggi (panjang) badan lahir ± 50 cm. Panjang badan meningkat 1 ½ panjang badan pada umur 1 tahun, penambahan panjang badan :
6 bln ke 1                             : 2,5 cm/bl
6 bln ke 2                             : 1,25 cm/bln
1-7 th                                   : 7,5 cm/th
c.             Lingkar kepala
Rata-rata lingkar kepala lahir 33,0-35,6 cm. Pada tah ke 1 : lingkar kepala menjadi 44,4-46,9 cm (meningkat ± 10 cm).
Pada tahun ke2 : menjadi 46,9-49,5 cm (meningkat ± 2,5 cm)
Pada th ke 3 : menjadi 47,7-50,8 cm (meningkat ± 1,25 cm) 
d.            Erupsi gigi
Gigi susu berjumlah 20 buah dan biasanya telah tumbuh seluruhnya pada umur 2,5 tahun.
e.             Lingkar lengan atas
Menurut Azis tahun 2006 dikatakan bahwa Lingkar lengan atas (LLA) mencerminkan tumbuh kembang jaringan lemak dan otot yang tidak terpengaruhi banyak oleh keadaan cairan tubuh dibandingkan dengan berat badan. Pada saat lahir 11 cm menjadi 16 cm pada umur satu tahun
Pengkajian pertumbuhan anak dapat dilakukan melalui KMS menurut David Monley, KMS merupakan gambar kurva berat badan anak berusia 0-5 tahun terhadap umurnya alat ini sangat penting untuk membantu mengetahui pertumbuhan anak sehingga memungkinkan pertumbuhan anak dapat diamati dengan cara menimbang berat badan anak teratur setiap bulan.
Mungkin itu yang bisa saya uraikan tentang pertumbuhan pada kesempatan posting kali ini. silahkan baca dan cari uraian tentang perkembangan di blog ini juga agar lebih memahami tentang perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Jika belum membaca posting tentang perkembangan silahkan cara judul posting kami di blog ini dengan judul : APA SIH BEDANYA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA ATAU ANAK? SEKILAS TENTANG PERKEMBANGAN atau klik saja langsung link


Salah satu kepustakaan yang saya gunakan dalam share kali ini diambil dari sumber : Aziz. 2006. Indikator Pertumbuhan. Available : www.mandom.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com