Wednesday, December 30, 2015

Sikap Seseorang Terhadap Masalah Kesehatan

Sikap Seseorang Terhadap Masalah Kesehatan-Untuk posting kali ini blog Tanya Ahli akan mencoba posting artikel yang dapat bermanfaat bagi penunjung blog. Pada kesempatan kali ini blog tanya ahli akan memberikan artikel mengenai salah satu bagian dari kesehatan yang terkait dengan masalah perilaku yaitu mengenai sikap karena sikap merupakan salah satu faktor dari beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku kesehatan seseorang, maka dalam kesempatan ini kami beri judul artikel kami dengan judul Sikap Seseorang Terhadap Masalah Kesehatan.
sikap seseorang terhadap masalah kesehatan, sikap, perilaku sehat, masalah kesehatan, sikap terhadap masalah kesehatan

Sikap (attitude) merupakan salah satu pola perilaku, kondensi atau kesiapan antisipasif, predisposisi untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial atau secara sederhana, sikap adalah respon terhadap stimulasi sosial yang telah terkondisikan.

Sikap itu sendiri terdiri dari tiga komponen yang saling menunjang, tiga komponen sikap tersebut diantaranya adalah :
1) Komponen kognitif, yaitu apa yang dipercaya subjek yang berasal dari apa yang telah dilihat dan diketahui, kemudian membentuk suatu ide mengenai karakter suatu objek.
2) Komponen afektif, yaitu perasaan terhadap suatu objek yang menyangkut aspek emosional. Reaksi afektif ini banyak ditentukan oleh kepercayaan.
3) Komponen konatif, yaitu kecenderungan berperilaku tertentu sesuai sikapnya. Aspek Konatif ini dipengaruhi oleh kepercayaan dan perasaan serta meliputi bentuk perilaku yang tidak hanya dapat dilihat secara langsung tetapi juga bentuk perilaku yang berupa perkataan atau pernyataan. 

Dalam sikap seseorang sebenarnya terdapat 4 tingkatan namun terkadang kita tidak menyadari bahwa dalam menentukan atau bersikap bahwa sikap kita termasuk tingkat yang mana. Empat tingkatan sikap yang kami maksud adalah:
a) Menerima (receiving)
Tingkat menerima dapat diartikan bahwa seseorang mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan kepadanya 
b) Merespon (responding)
Merespon dapat diartika sebagai kemampuan untuk memberikan jawaban bila ditanya, menjelaskan tugas yang diberikan adalah indikasi dari sikap, karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan, lepas pekerjaan itu benar/salah berarti orang menerima ide tersebut.
c) Menghargai (valuing)
Menghargai pada tingkatan sikap dapat diartika sebagai mengajak orang lain untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau mendiskusikan suatu masalah merupakan suatu indikasi sikap ketiga.
d) Bertanggungjawab (responsible)
Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko adalah merupakan suatu sikap yang paling tinggi. 

Sikap seseorang ditentukan oleh berbagai faktor, diantara berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap adalah pengalaman pribadi, kebudayaan, orang lain yang dianggap penting, media masa, institusi atau lembaga pendidikan dan lembaga agama serta faktor emosi dalam diri individu.

Sikap seseorang dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dapat ditanyakan bagaimana pendapat/pernyataan responden terhadap suatu obyek. Secara tidak langsung dapat dilakukan dengan pernyataan-pemyataan hipotesis, kemudian ditanyakan pendapat responden. Pengukuran   sikap   itu sendiri idealnya   mencakup   semua   karakteristik sikap yang terdiri dari :
1) Arah artinya sikap akan menunjukan apakah seseorang akan menyetujui atau tidak menyetujui terhadap objek sikap stimulus. 
2) Intensitas/kekuatan sikap setiap orang tidak sama.
3) Kekuatan sikap menunjukkan pada luas tidaknya cakupan aspek objek sikap yang disetujui/tidak disetujui. 
4) Konsistensi sikap yang ditunjukan untuk kesekian antara penyatuan sikap yang dikemukakan oleh subjek dengan respeknya terhadap objek sikap.

ARTIKEL TERKAIT
3 KEBUTUHAN ANAK YANG HARUS DIPENUHI ORANG TUA
Pengetahuan Adalah
Pentingnya Imunisasi Bagi Balita / Anak
Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengisi Libur Anak Di Rumah
Yang Harus Dilakukan Oleh Ibu Kepada Anaknya Setiap Bangun Tidur

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com