Saturday, December 19, 2015

Pengetahuan Adalah

Pengetahuan
pengetahuan adalah Pengertian pengetahuan, pengetahuan tentang kesehatan, perilaku kesehatan, tingkat pengetahuan, pengertian pengetahuan, cara mendapat pengetahuan, faktor yang mempengaruhi pengetahuan, cara mengukur pengetahuan

Pengetahuan adalah hasil dari tahu dan ini terjadi setelah seseorang melakukan penginderaan terhadap objek-objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia. yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, dan raba.

Pengetahuan juga dapat dijelaskan sebagai hasil dari mengetahui obyek-obyek di alam nyata menurut akal dengan jalan pengamatan. Setiap kali objek yang diamati menjadi milik kesadaran, maka ia diketahui, dan dalam arti wujudnya yang ada dalam jiwa kita dinamakan pengertian. 

Pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu :
Tahu 
Tahu adalah mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk ke dalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali terhadap suatu spesifik dan seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan diterima. Tahu ini merupakan tingkat pengetahuan yang paling rendah. Kata kerja untuk mengukur bahwa orang tahu tentang apa yang dipelajari adalah menyebutkan, menguraikan, mendefinisikan, dan menyatakan.

Memahami 
Memahami adalah suatu kemampuan menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui, dan dapat menginterpretasikan materi tersebut secara benar. Orang telah paham terhadap objek harus dapat menyebutkan objek yang dipelajari.

Aplikasi 
Aplikasi adalah kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi sebenarnya. Aplikasi ini dapat diartikan penggunaan hukum-hukum, rumus, metode, dan prinsip dalam konteks atau situasi yang lain. 

Analisis 
Analisis adalah kemampuan untuk menjabarkan suatu struktur organisasi tersebut dan masih ada kaitannya satu sama lain. Kemampuan ini masih dapat dilihat dari penggunaan kata kerja, dapat menggambarkan, membedakan, memisahkan dan mengelompokkan.

Sintesis 
Menunjukkan suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru, atau bisa juga kemampuan menyusun formulasi baru dari formulasi yang ada.

Evaluasi 
Berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau objek. Penilaian ini berdasarkan suatu kriteria yang sudah ada.

Pengukuran pengetahuan dapat dilakukan dengan wawancara atau angket yang menyatakan tentang isi materi yang diukur dari subjek penelitian atau responden. Kedalaman pengetahuan yang ingin kita ketahui atau kita ukur dapat disesuaikan dengan tingkatan-tingkatan di atas. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang. Perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan.

Kata kunci : Teori pengetahuan, pengetahuan adalah, pengetahuan merupakan, pengetahuan dijelaskan sebagai, tahap pengetahuan, domain pengetahuan, domain kognitif, tingkat pengetahuan, tahu, kata kerja, tahu adalah, tingkat pengetahuan paling rendah, tingkat pengetahuan kesatu, memahami adalah, kemampuan menjelaskan, objek yang dipelajari, aplikasi, aplikasi adalah, analisis, analisis adalah, kemampuan, sintesis, sintesis adalah, kemampuan menyusun formulasi, evaluasi, justifikasi, penilaian, pengukuran pengetahuan, wawancara, angket, responden.

Baca artikel menarik lainnya disini
Sikap Seseorang Terhadap Masalah Kesehatan
3 KEBUTUHAN ANAK YANG HARUS DIPENUHI ORANG TUA
Pengetahuan Adalah
Pentingnya Imunisasi Bagi Balita / Anak
Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengisi Libur Anak Di Rumah

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com