Tuesday, December 15, 2015

Trik Belajar Dan Mempersiapkan Ujian SECARA Psikologi

Pada posting sebelumnya admin menjelaskan sekilas tentang trik belajar dan mempersiapkan ujian secara fisik maka pada kesempatan ini admin akan mencoba membahas kelanjutan dari postingan tersebut yaitu Trik Belajar dan Mempersipan Ujian Secara Psikologi.
Trik belajar dan mempersiapkan ujian secara psikologis, Trik belajar dan mempersiapkan ujian secara sosial, trik belajar, persiapan ujian, sekolah, persiapan sosial, pelajar, nilai, hasil belajar, cara belajar, trik secara psikologi, faktor psikologis

Terdapat beberapa trik belajar dan mempersiapkan ujian secara psikologi. Trik yang pertama yang harus dilakukan diantaranya adalah mempersiapkan jadwal belajar. Mempersiapkan jadwal belajar merupakan cara tepat dalam mengatur agenda belajar. Jadwal tersebut juga harus fleksibel sehingga jadwal yang kita buat disesuaikan dengan berbagai situasi dan kondisi.

Selain itu juga dalam mengawali pelajaran maka sebaiknya mempelajari sebelumnya materi yang akan dipelajari. Kita juga seharusnya berusaha menghubungkan dan menyinergikan materi yang dipelajari sebelumnya dengan materi baru yang akan dipelajarinya sehingga dalam otak kita tercipta keserasian dan kesinambungan materi.

Cara belajar yang efektif ialah membaca dengan lirih. Membaca dengan lirih akan lebih cepat dan lebih mudah ditangkap maksud dari bacaan daripada membaca dengan keras. Sebab membaca dengan keras dapat melelahkan lafal daripada pemahaman artinya. 

Selain memperhatikan cara belajar efektif maka mengulang-ulang dalam belajar juga merupakan hal yang penting. Pelajaran akan lebih mudah membekas dalam benak. Tetapi harus diingat bahwa pengulangan yang dimaksud adalah pengulangan yang berdampak pada seberapa banyak pelajaran yang dipahami sehingga agar pengulangan dalam belajar bermanfaat maka perlu adanya pembagian jeda dan waktu.

Cara pengulangan juga perlu disesuaikan dengan klasifikasi kesulitannya. Artinya kita mengulang pelajaran dari yang sederhana ke yang lebih kompleks atau dengan kata lain dari persoalan yang mudah hingga persoalan yang rumit.

Selanjutnya agar belajar tidak jenuh akibat mengulang seperti itu maka perlu dilakukan variasi materi yang dipelajari. Trik selanjutnya adalah beristirahat jika sudah merasa capek dan dilanjutkan lagijika sudah merasa benar-benar segar


0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com