Saturday, December 26, 2015

Sembelit

Sembelit, Sakit bagian perut, kalikiben, nyeri perut, mencret, penyebab sembelit, cara mengatasi sembelit

Buat para pembaca Tanya Ahli, kali ini Tanya Ahli akan berbagi informasi kesehatan tentang sembelit karena penyakit ini kadang dianggap sepele pada masih tetep harus dipahami karena akibat dari sembelit itu sendiri tidak sepele. Oke biar tidak bertele-tele, Tanya Ahli langsung saja uraikan ya, selamat membaca

Sembelit berarti sesuatu yang berbeda untuk orang yang berlainan. Untuk banyak orang, hal ini hanya berarti jarang BAB. Namun, Untuk yang lainnya, sembelit berarti Kotoran keras, kesulitan lewat Kotoran (straining), atau rasa tidak lengkap endapan setelah pergerakan usus. Penyebab dari masing-masing upaya "tipe" dari sembelit mungkin berbeda, dan pendekatan untuk masing-masing harus disesuaikan dengan jenis tertentu sembelit. Sembelit dapat juga alternatif dengan diare. Pola ini lebih umum dianggap sebagai bagian dari Pemara Sindrom Usus (IBS). Pada akhir ekstrim sembelit spektrum adalah fecal impaction, sebuah kondisi dimana kotoran menjadi keras dibagian rectum dan kesulitan untuk lewat (BAB). 

Jumlah pergerakan usus umumnya menurun sejalan bertambahnya usia. Sembilan puluh lima persen dari orang dewasa memiliki pergerakan usus antara tiga dan 21 kali per minggu, dan ini akan dianggap normal. Yang paling umum adalah satu pola pergerakan usus sehari, tetapi pola ini terlihat dalam waktu kurang dari 50% orang. Selain itu, sebagian besar orang yang tidak memiliki pergerakan usus setiap hari atau jumlah yang sama dengan yang mempunyai pergerakan usus. 

Medis menyatakan, sembelit biasanya didefinisikan sebagai kurang dari tiga pergerakan usus per minggu. Berat sembelit didefinisikan sebagai kurang dari satu pergerakan usus per minggu. Tidak ada alasan medis untuk memiliki hal buang air besar setiap hari. Tanpa melakukan pergerakan usus untuk dua atau tiga hari tidak menimbulkan ketidaknyamanan fisik, mental distress hanya untuk beberapa orang. Bertentangan dengan kepercayaan, tidak ada bukti bahwa "toksin" menumpuk bila pergerakan usus yang jarang atau sembelit yang mengarah ke kanker. 

Adalah penting untuk membedakan akut (baru permulaan) dari sembelit kronis (durasi) sembelit. Sembelit akut memerlukan penilaian mendesak karena penyakit yang serius dapat menjadi kritis (misalnya,Tumor Usus). Sembelit juga memerlukan suatu tindakan cepat apabila disertai dengan gejala seperti pendarahan melalui dubur, sakit perut dan kram, mual dan muntah, dan secara berat badan. Sebaliknya, penilaian kronis sembelit mungkin tidak memerlukan perhatian segera, terutama jika langkah-langkah sederhana membawa bantuan.

Untuk mengatasi sembelit diperlukan berbagai langkah. Biasakan BAB rutin setiap hari. Jika mengalami kesulitan mulai dengan tingkatkan kegiatan fisik misalnya jalan-jalan pagi atau sore yang bertujuan merangsang keinginan BAB.

Baca juga artikel menarik lainnya disini 
Anda malas makan? Hati-hati penyakit ini ditandai dengan malas makan
Penyakit berbahaya ini ditandai dengan mual dan muntah
Jangan biarkan usus anda mengalami ini

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com