Friday, December 25, 2015

Apendiksitis

Apendiksitis, Penyakit apendik, usus buntu, usus, perut, pemeriksaan apendiksitis, penyebab apendiksitis, pencegahan apendiksitis, cara mengatasi apendiksitis, pengobatan apendiksitis, penanggulangan apendiksitis
Apendiksitis-Apendiks Vermiformis merupakan tabung buntu yang berukuran sekitar jari kelingking yang terletakpada daerah ileosekal (batas usus halus dan usus besar).

Fungsi dari apendiks tidak diketahui, terkadang apendiks disebut dengan tonsil abdomen karena banyak ditemukan jaringan limfoid sejak dalam kandungan ibu dan mencapai puncaknya kira-kira saat berusia 15 tahun yang kemudian mengalami atrofi atau mengecil serta praktis menghilang pada umur 60 tahun. Apendiks lebih banyak  diderita oleh laki-laki daripada perempuan.

Pada kasus akut, gejala-gejala permulaan adalah nyeri atau perasaan tidak enak disekitar bagian pusar yang diikuti oleh rasa enek, mual dan muntah. Gejala-gejala ini umumnya berlangsung lebih dari 1 atau 2 hari. Dalam beberapa jam, nyeri akan bergeser ke perut bagian bawah dan mungkin terdapat rasa nyeri tekan di sekitar daerah tersebut. Kemudian dapat pula timbul kram otot dan nyeri lepas.

Biasanya ditemukan demam ringan dan jumlah leukosit tinggi pada pemeriksaan laboratorium. Bila apendik mengalami pecah maka nyeri sering hilang dan timbul.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada kasus apendiks adalah dengan pembedahan atau operasi untuk membuang apendiks setiap siang atau malam. Bila pembedahan dilakukan sebelum ruptur maka sesudah operasi biasanya jika tanpa ditandai komplikasi maka penderita sudah dapat segera pulang.

Baca artikel menarik lainnya

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com