Friday, December 25, 2015

Amubiasis


Amubiasis -  Amubiasis merupakan suatu infeksi parasit yang terjadi di dalam usus besar. Infeksi parasit seperti ini dapat terjadi pada semua golongan usia. Parasit ini dapat menetap didalam tubuh tanpa menimbulkan tanda maupun gejala penyakit tetapi infeksi ini dapat menular pada orang lain. Jika jumlah parasit cukup banyak dan kerusakan dinding usus cukup besar maka penyakit ini biasanya akan muncul sebagai disentri amuba.

Gejala-gejala yang dapat terjadi pada amubiasis ini diantaranya adalah diare yang disertai dengan darah dan lendir, demam, menggigil, merasa tidak enak pada bagian perut, jika hati penderita telah terinfeksi maka organ pada penderita akan membengkan dan terasa nyeri.

Amubiasis dapat disebabkan oleh parasit entamuba histolytica yang menyerang pada jaringan usus.
Pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak menderita amubiasis adalah dengan berbagai cara pencegahan diantaranya dengan memasak air minum sampai benar-benar mendidih, mencuci tangan sesudah buang air besar dan sebelum menyiapkan makanan, mencuci sayuran serta buah-buahan sebelum dimasak apalagi dimakan, menutup makanan agar tidak dihinggapi oleh lalat, dan menghindari pembelian makanan yang terkontaminasi oleh debu.

Baca artikel menarik lainnya disini 
Cara Mudah Mengetahui Keperawanan Seorang Perempuan
Mitos Salah Tentang Keperawanan
Pentingnya Kedekatan Orang Tua Dengan Anak

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com