Monday, December 21, 2015

Darah Tinggi atau Hipertensi

Hipertensi diambil dari bahasa Inggris ”Hypertension” yang berasal dari bahasa Latin, Hyper berarti super, dan tension berarti tekanan. Hypertension akhirnya menjadi istilah kedokteran yang popular untuk menyebut penyakit tekanan darah tinggi.
Darah tinggi atau hipertensi, Darah tinggi, penyakit darah tinggi, penyebab darah tinggi, tekanan darah, orang tua, lansia, akibat darah tinggi, pencegahan darah tinggi, pengobatan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah satu masalah yang umum, karena banyak orang yang menderitanya, walaupun mereka tidak mengetahuinya sama sekali.

Hipertensi atau penyakit darah tinggi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang ditunjukan oleh angka sistolik (bagian atas) dan angka bawah pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa ataupun alat digital lainnya.

Nilai normal tekana darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHg, sedangkan nilai normal tekanan darah pada seseorang  yang berusia lanjut secara umum adalah 160/100 mmHg. Dalam aktifitas sehari-hari, tekanan darah normalnya adalah dengan nilai angka kisaran stabil. Tetapi secara umum, angka pemeriksaan tekanan darah menurun saat tidur dan meningkat waktu aktifitas atau berolahraga. Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan tidak mendapatkan pengobatan secara teratur, maka hal ini akan membawa penderita ke dalam kasus-kasus serius bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung seseorang bekerja ekstra keras, akhirnya kondisi tersebut berakibat terjadinya kerusakan pada pembuluh jantung, ginjal, otak, dan mata. Penyakit hipertensi merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung.

Baca artikel lainnya di bawah ini
Wasir atau Ambeien
Gejala Diabetes dan Cara Mengatasinya
Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Anda Tahu
Penyakit yang membuat kita menjadi manusia yang pelupa
Penyebab, Gejala dan Cara mengatasi rematik
Penyakit yang selalu diderita saat usia lanjut
Memahami Tentang Usia Lanjut dan Menopause

0 komentar:

Kolom tanya ahli

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com